Asymmetric Information

  • Asymmetric information adalah suatu kondisi dimana salah satu pihak memiliki informasi lebih banyak atau lebih baik daripada pihak lain.
  • Dalam konteks perusahaan, manajer memiliki informasi yang lebih baik tentang kondisi perusahaan dibandingkan dengan investor yang tidak terlibat didalam manajemen.
  • Sehingga hal tersebut akan menimbulkan Adverse selection atau pilihan kerugian karena investor tidak mengetahui dengan pasti mana perusahaan yang baik dan mana yang buruk.
  • Tipe informasi asimetris:

Adverse selection

  • Adverse selection merupakan sebuah konsep dalam ilmu ekonomi, asuransi, dan manajemen resiko, yang menggambarkan situasi dimana partisipasi pasar dipengaruhi oleh informasi asimetris.
    • Adverse selection menggambarkan hasil yang tidak diinginkan dari suatu situasi dimana salah satu pihak dalam transaksi mempunyai informasi yang lebih akurat atau berbeda dari pihak lain. Pihak yang kurang informasi tersebut dalam keadaan yang kurang diuntungkan daripada yang mempunyai informasi lebih. Hal ini menyebabkan harga dan kuantitas barang/jasa yang dijual menjadi tidak efisien.

441828a1cc87248c5a1dff8640ae5d42

  • Contoh adverse selection dalam asuransi:
  • Asumsikan ada dua tipe orang, yang satu merokok dan tidak berolahraga, dan satunya lagi tidak merokok dan berolahraga. Hal yang kita ketahui adalah seseorang yang merokok dan tidak berolahraga akan mempunyai harapan hidup lebih rendah daripada yang tidak merokok. Andaikan dua orang tersebut akan membeli asuransi, perusahaan asuransi tidak dapat membedakan diantara mereka mana yang merokok dan mana yang tidak.

asymmetris

  • Perusahaan asuransi kemudian membuat questioner untuk membedakan mereka. Bagaimanapun juga orang yang merokok tahu jika dia menjawab dengan jujur maka ia akan mendapat harga premi yang lebih tinggi, jadi dia berbohong dan menjawab bahwa ia tidak merokok. Ini menyebabkan adverse selection, dimana perusahaan asuransi dalam keadaan yang tidak diuntungkan dengan memberikan harga premi yang sama dengan orang yang sehat tadi. Asuransi menjadi lebih valuable bagi orang yang merokok dan tidak berolahraga tadi, daripada orang yang tidak merokok dan berolahraga, dan ini merupakan keuntungannya.
  • Sedangkan dampak didalam pasar, ketakutan akan perdagangan yang dicurangi akan mendorong pihak yang kawatir untuk menarik diri dari interaksi pasar, sehingga membuat volume perdagangan di pasar semakin berkurang.

Moral Hazard

5479639_orig

Moral Hazard adalah perubahan perilaku seseorang ketika ia tidak harus menghadapi konsekuensi dari risiko yang ia ambil.

  • Sebagai contoh:

Orang yang sebelumnya tidak mengasuransikan rumahnya dari risiko kemalingan, setelah ia mengasuransikannya maka akan cenderung merubah perilakunya menjadi tidak hati-hati lagi. Pergi dengan tidak mengunci rumah misalnya, karena sudah ada asuransi.

Referensi:

https://www.investopedia.com/ask/answers/042415/what-difference-between-moral-hazard-and-adverse-selection.asp

wikipedia.com

Iklan

One comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s