Jalan Sehat M2JM 2017

awal
Acara Jalan Sehat M2JM RT 03 & 04 RW 01

Jalan Sehat M2JM 2017 adalah salah satu kegiatan Muda-Mudi Jalan Manggis RT 03 & 04 RW 01. Jalan Sehat M2JM 2017 merupakan bagian dari acara Agustusan, yaitu serangkaian kegiatan yang dilaksanakan dibulan Agustus untuk memperingati hari kemerdekaan RI. Jalan sehat M2JM 2017 dilaksanakan setelah perlombaan agustusan sekaligus menjadi acara puncak dibulan Agustus.

Acara ini dilaksanakan pada hari minggu tanggal 20 Agustus 2017 pukul 06.15 WIB dan diikuti oleh seluruh masyarakat RT 03 & 04 RW 01, mulai dari anak-anak dan orangtua. Karena memang basis kita ada di RT 03 & 04 RW 01, maka seluruh peserta jalan sehat adalah para warga RT 03 & 04 RW 01.

Terkadang ada anak-anak dari RT lain yang mengikuti acara ini. Namun kita tidak melarang hal tersebut, karena anak-anak itu juga merupakan peserta dari perlombaan agustusan yang telah kami laksanakan. Tentunya kami bangga dengan partisipasi adek-adek dari RT lain ini, itu menunjukkan apresiasi dari kegiatan agustusan yang telah kami laksanakan.

Rute Acara Jalan Sehat M2JM kali ini mulai dari depan rumah Pak Munif tailor menuju ke perempatan RT 03 & 04 RW 01 dekat Mushola Nurul Huda, sesudah itu belok kiri kearah perbalan sampai perempatan Masjid Al-ahrom.

sambutan pak supar
Pos awal, didepan rumah Pak Munif tailor
perempatan mushola nurul huda
Para Peserta Jalan Sehat sedang melewati rute yang telah ditentukan, yaitu perempatan RT 03 & 04
perbalan
Daerah Perbalan, salah satu rute jalan sehat

 

Dari perempatan masjid Al-ahrom kemudian belok kiri menuju Pasar Buyaran. Pada jalan sehat kali ini kita tidak melewati jalan samping kuburan dibelakang rumah Pak Sultan, tetapi kita lewat pasar. Setelah dari pasar buyaran kemudian masuk ke Gang Jalan Manggis menuju ke RT 03 & 04 dan kembali lagi ke tempat awal di depan rumah Pak Munif Tailor.

kepasar2
rute menuju ke pasar buyaran yang selanjutnya akan masuk ke gang jalan manggis

Di Jalan Masuk Gang Jalan Manggis inilah para peserta dipersilahkan untuk mengumpulkan kupon hadiah yang telah diberikan. Kupon hadiah sebelumnya telah diberikan per KK warga RT 03 & 04 secara merata, sehingga pembagian hadiah dapat dilaksanakan dengan tertib.

pembagian kupon 1
para peserta sedang mengumpulkan kupon
pembagian kupon
hayooo…. jangan salah fokus ya hehehe

Setelah kembali ke pos awal, para peserta disuguhkan sarapan dan minuman yang telah disiapkan oleh panitia. Menu kali ini adalah urap atau gudangan, rujak, es sirup buah, jamu coro dll hehehe…. Para peserta dipersilahkan untuk sarapan dan istirahat sejenak sembari menunggu kegiatan senam yang akan dilaksanakan selanjutnya.

sarapan
para peserta dipersilahkan untuk mengambil sarapan yang telah disediakan oleh panitia
sarapan1
semua tersenyum, semua bahagai. dan yang paling penting…. perut kenyang hehehe

Setelah sarapan, acara selanjutnya adalah senam yang diikuti oleh seluruh peserta dan panitia. Sebenarnya sasaran peserta senam ini adalah ibu-ibu, namun karena banyak masyarakat yang menyuruh para panitia untuk ikut-ikutan senam, yaudah deh akhirnya kami juga ikut-ikutan hehe…

senam
senam, diikuti oleh para peserta dan juga panita.

 

 

senamku
hehehehe….

Setelah senam selesai, acara selanjutnya adalah dangdut-an dan pembagian hadiah kupon. Disamping hadiah kupon, Jalan Sehat M2JM 2017 ini juga digunakan sebagai acara pembagian hadiah bagi para pemenang lomba agustusan yang telah dilaksanakan. Anak-anak dari RT lain tadi yang ikut acara jalan sehat mayoritas adalah para juara pada lomba agustusan. Mereka berhak menerima hadiah dan kami bangga pada mereka. Dangdut-an dan pembagian hadiah ini dilaksanakan sampai acara selesai sekitar pukul 11 WIB, yaitu saat semua hadiah sudah habis dibagikan.

dangdutan3

pembagian hadiah
para pemenang Lomba Agustusan diberikan hadiah oleh ketua panitia
IMG_3727
nunggu hadiah kupon ya hes?!! wkwkwk

Secara keseluruhan semua kegiatan berjalan dengan baik. Pelaksanaan jalan santai berlangsung dengan lancar, pengumpulan kupon dan pembagian kupon juga dilakukan dengan tertib dan adil. Namun ada kekurangan dibagian time line acara dan kurang jelasnya tugas dari para panitia. Disini time line acara terkesan amburadul. Awal mulai kegiatan, dari jalan sehat, acara sarapan, kegiatan senam, kapan pelaksanaan dangdut-an dan pembagian hadiah terkesan kurang jelas. Karena memang tidak ada time line acara yang disiapkan ditambah komunikasi grup panita yang kurang.

Disini saya diberi tugas sebagai pemandu jalan, Memandu para peserta kegiatan agar mengikuti jalur yang telah ditentukan. Buruknya komunikasi terlihat saat saya bertanya di grup panitia tentang letak pos pengumpulan kupon. Sangat lama sekali mendapat balasan, sampai jengkel saya chat di grup dengan kata yang kurang sopan setelah itu malah dibalas oleh ketua panitia, bukannya dibalas oleh panitia dibidang tersebut. Disini saya harus tahu dimana letak pos pengumpulan kupon, karena sebagai pemandu jalan tugasnya adalah mengarahkan. Jika didalam perjalanan ada peserta yang tanya dimana letak pengumpulan kupon kan saya bisa menjawab.

Disamping komunikasi yang buruk, tugas dari panitia juga sangat tidak jelas. Saat acara senam selesai tidak ada panitia yang menjaga makanan, padahal panitia yang bertugas menjaga makanan sudah dibagi. Alhasil para peserta yaitu ibu-ibu dan bapak-bapak juga anak-anak langsung mengambil makanan begitu saja nyelonong begitu saja tanpa ada yang melayani. Disini para panitia terkesan membiarkan, sangat tidak sopan perlakuan para panitia disini. Para orangtua dan anak-anak disuruh mengambil sendiri, padahal banyak para panitia yang tidak mendapatkan tugas, duduk-duduk tidak jelas, berkumpul disuatu tempat biar terhindar dari tugas dan sorotan.

Saya yang sudah melaksanakan tugas saya, awalnya diam saja melihat hal tersebut, karena memang tidak ada instruksi dari grup dan juga bukan tugas saya. Namun saya merasa sangat jengkel karena perlakuan panitia yang tidak sopan ini, sampai saya chat lagi di grup dengan kata agak kasar untuk menyuruh para panitia kembali kebidangnya masing-masing terutama pada bagian konsumsi atau penjaga makanan disini.

Disini memang kita menerapkan system prasmanan, yaitu para peserta dapat mengambil makanan sendiri. Namun system prasmanan pun juga harus ada yang jaga. Tugasnya untuk menawari makanan mendeskripsikan makanan jika orang tidak tahu itu apa dan mengambilkan jika orang tidak bisa mengambilnya terutama anak-anak kecil, karena memang banyak anak-anak kecil dimana meja untuk mengambil minuman es sirup buah cukup tinggi, sehingga diperlukan bantuan orang dewasa untuk mengambilkannya bagi anak-anak. Kesan yang disampaikan disini adalah sopan santun dan tertib.

Karena tidak ada yang menjaga makanan, maka saya berinisiatif untuk melakukan tugas itu. Dan benar banyak anak kecil yang minta es buah, sampai jamu coro, karena memang jamu coro agak sulit ngambilnya. Berawal dari saya, kemudian para panitia yang sudah tidak bertugas ikut membantu. Saya berusaha menciptakan kesan yang sopan santun dan tertib, banyak para ibu-ibu beserta anaknya yang minta diambilkan jamu coro atau es buah, maupun adek-adek yang minta dibungkuskan rujak. Semua respon mereka terhadap pelayana yang kami lakukan sangat positif, terlihat beberapa kali banyak yang minta untuk diambilkan es, jamu coro, dan dibungkuskan rujak oleh adek-adek yang sebelumnya malu-malu ingin ngambil.

Terlepas dari semua kekurangan tersebut, saya memberikan apresiasi yang sangat tinggi bagi ketua panitia, yaitu Mas Sidoel Muis. Dia adalah orang yang pekerja keras, mengkoordinasikan semunya dari penyewaan panggung sampai biduan dari Pak Yo, berurusan dengan perizinan dari RT dan lain sebagainya. Jika saya mendapat nilai 80 di kegiatan ini maka dia akan mendapatkan nilai 97,5 disini. Dialah man of the match disini.

Apresiasi juga tidak luput saya berikan kepada seluruh panitia yang hadir di kegiatan ini, mulai dari bagian hadiah, konsumsi, semuanya yang hadir dan telah bekerja keras disini. Ini merupakan acara agustusan yang dilaksanakan M2JM paling baik selama tiga tahun terakhir menurut saya.

para panitia
beberapa panitia M2JM. dari kiri atas ke kanan: Sita, Eri, Firly, April, Mbak Zul, Vita, Mbak Mawar. Dari kiri bawah ke kanan: Sontong, Dodik, Sidoel, Heri, Sabbach, Saya.
para panitia2
Dari kiri atas ke kanan: Sita, Firly, Mbak Mawar, Vita, Eri, Sontong, April. Dari kiri bawah ke kanan: Teok (depan), Saya (belakang), Heri, Erik, Angga, Sabbach.

Terlepas dari kekurangan yang telah saya sebutkan diatas, kita merupakan organisasi yang masih sangat muda, kesempurnaan itu butuh proses. Saya lihat M2JM dari tahun-ketahun sudah semakin baik, mulai dari partisipasi panitia yang semakin bertambah, dan adanya generasi anak-anak muda yang sudah mulai masuk. Walaupun terkadang sistematika acara kurang jelas, namun ini bisa dijadikan pelajaran untuk memperbaikinya tahun depan.

Itulah kegiatan Jalan Sehat M2JM 2017, semoga tulisan ini bermanfaat dan menjadikan organisasi ini lebih baik lagi.

Quotes buat kita semua,

“Bahu-membahu. Karena kita anak muda, berkontribusi nyata. Kita bertenaga, kita berdarah muda. Kita gesit tidak bullshit. Kita adalah harta yang harus dijaga.” -Galang

pasca acara
Pemuda harus kontributif, gesit dan tidak bullshit
IMG_3538
Tambahan foto, siapa tahu ada yang naksir wkwkwk
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s