Agustusan

IMG_20170812_195156
Tradisi Agustusan

Agustusan merupakan suatu tradisi yang ada di masyarakat di negeri ini. Tradisi ini dilaksanakan untuk memperingati hari kemerdekaan NKRI, yaitu tanggal 17 Agustus. Umumnya tradisi ini berbentuk rangkaian perlombaan yang dilaksanakan sebelum atau menjelang tanggal 17 Agustus. Selain itu ada juga yang berbentuk kegiatan jalan santai yang dilaksanakan tepat pada tanggal 17 Agustus, atau dengan memadukan keduanya, diawali dengan perlombaan yang dilaksanakan sebelum tanggal 17 Agustus dan diakhiri dengan kegiatan jalan santai pada tanggal 17 Agustus atau setelahnya.

Di negeri ini hampir diseluruh desa saat menjelang tanggal 17 Agustus dilaksanakan berbagai macam perlombaan. Seperti halnya di kampung saya, menjelang tanggal 17 Agustus komunitas anak muda kampung saya atau biasa disebut dengan M2JM (Muda-Mudi Jalan Manggis RT 03 & 04 RW 01) selalu menyelenggarakan rangkaian perlombaan yang telah menjadi tradisi masyarakat ini.

Berbagai macam lomba tradisional seperti gigit duit, makan kerupuk, memasukkan pensil dalam botol, rias wajah, dan balap karung masih banyak diminati oleh anak-anak. Selain mudah dan sederhana namun juga sukses menciptakan gelak tawa para penontonnya. Seperti lomba memasukkan pensil dibawah ini.

IMG-20170813-WA0000
Lomba Memasukkan Pensil

Anak-anak disuruh lari dari posisi awal menujul ke tempat botol berada, kemudian disuruh untuk memasukkan pensil yang telah diikat dibelakang badannya menggunakan tali rafia, yang berhasil lebih dahulu memasukkan pensil, maka ia yang menang. Usaha para peserta yang tidak kunjung berhasil untuk memasukkan pensil kedalam botol tentu membuat penonton merasa gemas. Apalagi seluruh pesertanya adalah anak-anak dari TK sampai SMP. Beberapa kejadian sukses membuat para penonton dan panitia ketawa disini, salah satunya adalah saat peserta yang masih TK (kalo gak salah), berusaha memasukkan pensil, namun ia memakai rok, alhasil bukan pensilnya yang masuk ke botol, malah botolnya yang masuk ke rok nya wkwkwk. (eitsss ojo ngeresss pikirane yo wkwk).

Seperti halnya lomba gigit duit. Lomba gigit duit ini merupakan salah satu lomba yang difavoritkan oleh anak-anak. Selain duit atau uang yang didapat, namun juga keseruan usaha yang dilakukan untuk memperolehnya.

IMG_20170812_210410
Lomba Gigit Duit

Gigit duit ini terbuat dari buah kelapa muda atau degan dan disisipi dengan uang receh dibagian luarnya. Diberbagai daerah biasannya dilumuri dengan oli sehingga membuat belepotan para peserta yang berusaha memperoleh uang tersebut. Namun karena peserta kami adalah anak-anak, maka kami memutuskan untuk melumuri degan ini dengan kecap dan sedikit dicampur sambal. Lumuran ini memang sengaja dilakukan untuk menambah tantangan perlombaan sehingga membuat lomba semakin seru. Namun, sepertinya campuran sambal tadi agak sedikit berlebihan bagi anak-anak, alhasil anak-anak merasa sangat kepedasan. Saya tidak habis pikir apa yang telah dipikirkan oleh ketua pelaksana, namun untungnya saya berinisiatif untuk membeli dua botol aqua 1,5 liter sebelum lomba tersebut dilaksanakan, sehingga adek-adek yang kepedasan bisa diberi minum. (hehe…. iki kanggo koreksi ben tahun depan luwih apik meneh lombane)

Kemudian ada juga lomba yang telah melegenda di negeri ini, yaitu lomba makan kerupuk. Disamping seru, juga membuat perut kenyang hehehe… Lomba ini tentu tidak hanya membuat perut kenyang saja, namun ada iming-iming hadiah siapa yang lebih dahulu menghabiskan kerupuknya.

IMG-20170813-WA0006
Lomba Makan Kerupuk

Memang pada Agustusan ini akan banyak kita jumpai berbagai macam perlombaan yang kebanyakan adalah lomba tradisional, lomba yang turun-temurun dari orangtua kita dari generasi ke generasi. Seperti tidak pernah ada matinya, perlombaan semacam ini selalu diminati oleh anak-anak dari masa ke masa.

IMG-20170813-WA0003
Lomba Rias Wajah
IMG-20170813-WA0001
Lomba Joget Bola
IMG_20170812_201403_HDR
(tebak aku yang mana…? yaps! aku yang pake celana jeans, gak kelihatan wkwkwk)

Jika kita lihat, semua perlombaan diatas jauh dari pelajaran sekolah. Tidak ada pelajaran biologi dalam lomba memasukkan pensil, tidak ada pelajaran matematika dalam lomba makan kerupuk, atau pelajaran fisika saat lomba rias wajah. Semua lomba diatas hanya untuk senang-senang saja, untuk memeriahkan HUT NKRI dan menyenangkan anak-anak.

Namun, jika kita berfikir maka terdapat nilai-nilai yang dapat kita ambil dari perlombaan diatas. Semua perlombaan diatas mengajarkan kepada anak-anak untuk bekerja keras jika ingin memperoleh sesuatu, dalam hal ini menjadi seorang juara. Dengan mengikuti perlombaan ini, mereka diajarkan untuk berkompetisi, mempunyai jiwa sportifitas, dan kerja sama tim. Hal tersebut tentu sangat berguna bagi pembentukan karakter anak-anak.

IMG-20170813-WA0004
Agustusan Muda-Mudi Jalan Manggis (M2JM) RT 03 & 04 RW 01

Itulah tradisi Agustusan di negeri ini. Keseruan perlombaan tradisional yang ada tidak pernah lekang dari waktu. Seperti wajib untuk dilaksanakan, Agustusan selalu ada di kampung-kampung di negeri ini jika hari kemerdekaan semakin dekat. Sederhana dan penuh tawa merupakan khas yang harus ada dari tradisi ini. Sejenak untuk melupakan penatnya kegiatan belajar disekolah, dengan refreshing mengikuti perlombaan ini. Belajar untuk berjuang, bukan dengan bambu runcing, namun dengan kerupuk dan pensil, atau karung dan degan. Itulah salah satu tradisi di negeri ini, dengan keunikan dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya.

Iklan

One comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s