Teori Perebutan Pasar

  • Teori perebutan pasar (Contestable-Market Theory) adalah sebuah teori yg menyatakan bahwa meskipun dalam suatu industri hanya terdapat satu atau sedikit perusahaan, tetapi dapat terjadi persaingan sempurna apabila pendatang baru bebas masuk dan keluar dari pasar tanpa biaya apapun.

perebutan pasar

  • Ketika masuk, perusahaan baru akan menghadapi biaya yg sama dgn perusahaan yg sdh ada terlebih dulu.
  • Ketika keluar, perusahaan tdk menanggung biaya (tdk ada sunk cost) shg tdk mengalami kerugian modal.
  • D adl kurva permintaan pasar.
  • SAC & SMC adl AC dan MC dlm jk. pendek dr 2 buah perusahaan yg identik dlm sebuah constable-market.
  • Setiap perusahaan akan menjual output sebanyak 60 dgn harga P=SAC=SMC=$6.
  • Kedua perusahaan berperilaku spt pesaing sempurna yg menghadapi kurva permintaan horizontal (AEE’) dgn laba normal sebesar 0.
  • Setiap ada kenaikan harga akan menyebabkan laba naik & mengundang pesaing baru masuk shg menghapus semua keuntungan yg tercipta.

Penjelasan:

Teori ini terjadi pada pasar yang terdapat sedikit perusahaan namun perusahaan lain dapat bebas keluar masuk. Berbeda dengan pasar oligopoly dimana perusahaan membutuhkan biaya yang sangat besar dan teknologi padat modal yang dibutuhkan dalam proses produksi sehingga efisiensi baru tercapai bila output diproduksi dalam skala yang sangat besar. Sedangkan dalam teori ini untuk menjelaskan perusahaan-perusahaan yang dapat masuk dan keluar pasar tanpa membutuhkan biaya yang besar.

Misal adalah penjual permen. Karena jumlah perusahaan dalam pasar sedikit, seharusnya kurva permintaan yang dihadapi adalah kurva D ( mirip kurva permintaan pasar monopolistis dan punya daya monopoli ). Penjual seharusnya dapat menentukan harga (price maker). Namun karena penjual lain dapat bebas masuk kedalam pasar tanpa biaya, maka kurva yang dihadapi seperti persaingan sempurna (AEE’). Saat penjual dalam pasar tersebut berinisiatif ingin mengurangi output, seharusnya harga akan naik. Tetapi melihat kenaikan harga tersebut membuat penjual (pesaing) baru masuk ke dalam pasar, sehingga dengan cepat akan menghapus semua keuntungan yang tercipta.

perebutan pasar 2

Kurva diatas menunjukkan bahwa saat penjual mengurangi produksinya menjadi 60 unit, seharusnya harga yang bisa ia dapat adalah 12 dolar dan mendapat keuntungan sebesar luas kotak 126EF, namun karena penjual (pesaing) lain langsung masuk kedalam pasar maka supply akan meningkat dan perusahaan (penjual) juga bertambah maka permintaan menjadi elastic, menyebabkan harga keseimbangan turun menjadi 6 dolar lagi. Sehingga keuntungan yang ia peroleh adalah nol karena AC=P.

 

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s