Sekilas Tentang Efek Substitusi Faktor Produksi

Analisi efek substitusi dalam pasar factor produksi itu analogis terhadap efek substitusi pada teori perilaku konsumen. Jika terjadi kenaikan harga pada suatu factor produksi, maka penggunaan factor produksi(input) tersebut akan dikurangi. Untuk menjaga tingkat output pada isokuan yang sama, perusahaan akan menggunakan lebih banyak factor produksi lain yang harganya relative lebih murah.

KURVA ISOKUAN BARU

Ingat lagi kurva isokuan, yaitu kurva yang menggambarkan berbagai macam kombinasi penggunaan dua macam faktor produksi secara evisien dengan tingkat produksi yang sama.

Dalam kurva isokuan diatas dijelaskan bahwa untuk memproduksi 150 unit awalnya kita dapat menggunakan 4 tenaga kerja dan satu mesin. Namun saat harga mesin murah, kita akan mengurangi penggunaan tenaga kerja dan menambah mesin namun jumlah produk yang dihasilkan tidak akan berkurang, sehingga kita akan menambah mesin dan mengurangi tenaga kerja. (2 mesin 2 pekerja)

KURVA ISOKOS

Pada kurva isokos yang awalnya seimbang, namun karena harga mesin jadi murah, maka alokasi anggaran untuk produksi akan dialihkan ke penambahan mesin baru dan memotong anggaran tenaga kerja.

 

 

 

 

 

 

 

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s