Penetapan Harga Pada Beban Puncak

  • Penetapan harga pada beban puncak (peak-load pricing) adalah penetapan harga jual sebesar biaya marginal jangka pendek, baik ketika terjadi periode permintaan tinggi (peak) & MC lebih tinggi sehingga harga lebih mahal, maupun saat permintaan turun (off-peak) & MC lebih rendah sehingga harga murah.
  • Penetapan Harga pada Beban Puncak (Peak Load Pricing) adalah harga yang dibebankan lebih tinggi pada waktu beban puncak dibandingkan dengan harga kalau dalam keadaan normal/biasa.
  • Penetapan harga pada beban puncak ini dapat dipakai bila jumlah barang dan jasa yang ditawarkan oleh perusahaan sangat terbatas, dan permintaan pembeli cenderung berubah di kemudian hari.
  • Dengan penetapan harga pada beban puncak ini, perusahaan dapat menaikkan tarif di atas biaya rata-rata selama periode permintaan tinggi dan mengurangkan pada biaya variabelnya diluar periode ramai.
  • Tarif rendah yang dikenakan pada jam-jam /hari-hari tidak ramai kemungkinan dapat meningkatkan pendapatan dengan menarik pelanggan.
  • Keuntungan dari penerapan harga pada beban puncak yaitu:
  1. Menekan permintaan pada periode ramai;
  2. Meningkatkan permintaan pada periode tidak ramai;
  3. Meningkatkan efisiensi penggunaan fasilitas yang ada.
  • Contoh dari penerapan harga pada beban puncak, yaitu:
  1. PLN membebankan tarif yang tinggi antara pukul 18.00 – 22.00 dibandingkan larut malam sampai jam 03.00 pagi.
  2. Tarif pesawat terbang dibebankan tinggi pada hari biasa dibandingkan dengan weekend.

Beban seperti itu diterapkan karena pada waktu sibuk / beban puncak perusahaan tidak bisa menampung / memenuhi permintaan semua konsumen sehingga harus dibebani harga tinggi pada waktu jam sibuk, dan perusahaan pun bisa mendapat laba yang lebih tinggi. Dengan demikian, semua konsumen dapat dilayani dan perusahaan untung besar.

beban puncak

Pada kurva diatas ada dua fungsi demand: yaitu demand pada situasi normal D1 dan dalam situasi puncak D2. Perusahaan membebankan harga yang berbeda untuk situasi normal dan situasi puncak/sibuk agar keuntungan maksimum.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s