Penetapan Harga Biaya Plus ( Cost – Plus Pricing )

markup harga

ket :

M= markup

P= harga

AVC = Average Variable Cost

  • Cost plus pricing adalah penetapan harga output atau komoditi berdasarkan biaya produksi.
  • Cost-Plus Pricing adl penetapan harga sedemikian rupa shg harga sama dgn biaya variable rata2 (AVC) ditambah dgn persentase markup yg diinginkan perusahaan.
  • Markup hrs cukup tinggi agar dpt menutup total cost (FC & AVC) serta margin laba.
  • Cost plus pricing lazim digunakan dlm industri atau pasar oligopolis.

markup harga kurva

  • Transfer pricing adl harga produk setengah jadi yg dijual oleh suatu divisi/departemen semiotonomi (anak perusahaan) utk dijual ke divisi/departemen semiotonomi (anak perusahaan) lain dlm perusahaan yg sama.
  • Kebijakan ini diterapkan oleh perusahaan berskala besar & menerapkan desentralisasi tiap2 departemen.
  • Harga transfer mengacu pd harga produk setengah jadi (intermediate product).
  • Produk setengah jadi dibutuhkan utk menghasilkan produk akhir.
  • MC perusahaan adl total dr MCp (production) + MCm (marketing).
  • Dm (marketing) adl permintaan pihak luar utk produk akhir.
  • Output terbaik (keseimbangan) adl Em krn MRm = MC
  • Pd titik Em, harga jual produk akhir P=14.

Harga transfer (Pt) utk produk setengah jadi sebesar 6 krn setara MCp pd Qp=40.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s