Ekuilibrium Umum

Ekuilibrium Umum

  • Keseimbangan umum merupakan seimbangnya harga beli terhadap harga jual, seimbangnya permintaan barang dengan penawaran barang, juga keseimbangan antara pengeluaran uang dengan pemasukan dan juga keseimbangan antara pendapatan dengan pengeluaran yang terjadi.

Misalkan dalam sebuah perekonomian ada sepuluh juta barang, jika semua barang mempunyai struktur pasar bersaing sempurna, maka penawaran dan permintaan dari sepuluh juta barang tersebut akan sama. Kondisi ini disebut terjadi keseimbangan umum.Semua orang telah mengoptimalkan utilitynya, semua orang puas. Dalam kondisi seperti ini tidak ada seorang pun yang mampu menaikkan kepuasannya tanpa mengurangi kepuasan orang lain. Dengan kata lain semua orang telah mengoptimalkan keputusannya. Semua konsumen telah menentukan pola konsumsinya dan semua produsen telah menentukan pola produksinya.

  • Keseimbangan umum (general equilibrium) adalah suatu keseimbangan secara simultan (keseluruhan) dalam jangka panjang untuk semua pasar dan semua unit perekonomian dalam suatu sistem ekonomi.
  • Ekulibrium Umum Pertukaran dalam setiap perekonomian yang sangat sederhana dimana ada dua individu, dua komoditi, dan tidak ada produksi. (Dominick Salvatore)

Perbedaan Analisis Keseimbangan Umum dengan Analisis Keseimbangan Parsial :

Keseimbangan Umum :

  • Menentukan keseimbangan harga dan jumlah barang dalam semua pasar dengan mempertimbangkan pengaruh balik dari pasar yang ada.
  • Dalam keseimbangan umum, dibahas mengenai keterkaitan antara keseimbangan di suatu pasar dengan pasar yang lain, dan sebaliknya.

Keseimbangan Parsial :

  • Menentukan keseimbangan harga dan jumlah barang dalam suatu pasar terlepas dari pengaruh luar misalnya pasar yang lain.
  • Dalam keseimbangan parsial, dibahas mengenai keseimbangan di satu pasar saja. Tidak melihat jika satu pasar seimbang, pasar yang lain bagaimana.

Model Keseimbangan Umum

Model keseimbangan umum adalah model analisis keseimbangan harga dan output pasar dengan pendekatan keterkaitan antar barang dan antar pasar dengan asumsi perfectly competitive price system.

keseimbangan umum

Dari kurva diatas awalnya semua pasar berada ditingkat keseimbangan (P1;W1;P2; dan W2).

  1. Ketika terjadi kenaikan permintaantomat (D – D), maka akan terjadi serangkaian penyesuaian di pasar lain yang terkait.
  2. Kenaikan permintaan tenagakerja (D – D)  dan upah pekerja diperkebunan tomat (W1 – W3).

Kenaikan biaya produksitomat yang menyebabkan kenaikan harga (P1 – P3) akan mengakibatkan  pergeseran kurvapenawaran (S – S’).

  1. Hal ini dapat menyebabkan penurunan permintaan mentimun (D – D)
  2. Dan penurunan permintaan tenaga kerja diperkebunan mentimun (D – D).
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s