Efisiensi Persaingan Sempurna

  • Efisiensi adalah kegiatan yang memproduksi barang dan jasa yang diinginkan masyarakat dengan biaya yang serendah mungkin dan membuat masyarakat lebih diuntungkan tanpa merugikan yang lain.
  • Perubahan efisien menguntungkan satu pihak tanpa merugikan pihak yang lain
  • Sistem efisien (Pareto optimal) tidak memungkinkan  perubahan efisien
  • Perubahan efisien secara potensial adalah  perubahan yang menguntungkan satu pihak sementara merugikan pihak yang lain, tapi terbukti bahwa keuntungannya melebihi kerugiannya
  • Asumsi persaingan sempurna menghasilkan alokasi sumber daya yang efisien (optimal pareto), yang dibuktikan dengan:
  • Alokasi sumber daya efisien antar perushahaan
  • Distribusi produk efisien antar rumah tangga
  • Produk yang sesuai keinginan masyarakat
  • Alokasi sumber daya antar perusahaan bersifat efisien diambil dari asumsi :
  • Pasar faktor produksi bersifat kompetitif dan terbuka
  • Semua perusahaan membayar harga input yang sama
  • Semua perusahaan memaksimalkan laba
  • Distribusi produk akhir antar rumah tangga bersifat efisien diambil dari asumsi:
  • Setiap orang memiliki selera dan preferensi berbeda, serta membeli barang yang berbeda dalam kombinasi yang berbeda pula
  • Setiap orang berbelanja dipasar yang sama, sehingga tidak ada redistribusi output yang menguntungkan orang-orang tertentu.

Efisiensi

  1. Efisiensi Produktif
  • Syaratnya ada dua:
  1. Untuk setiap tingkat produksi, biaya yang dikeluarkan adalah yang paling minimum.
  2. Industri secara keseluruhan harus memproduksi barang pada biaya rata-rata yang paling rendah, yaitu pada waktu kurva AC mencapai titik yang paling rendah.

Apabila suatu industri mencapai keadaan tersebut maka tingkat produksinya dikatakan mencapai tingkat efisiensi produksi yang optimal, dan biaya produksi yang paling minimal.

  • Efisiensi produktif selalu dicapai oleh perusahaan dalam persaingan sempurna.
  1. Efisensi Alokatif
  • Alokasi sumber-sumber daya mencapai efisiensi yang maksimum apabila dipenuhi syarat berikut : harga setiap barang sama dengan biaya marjinal untuk memproduksi barang tersebut.
  • Produksi harus terus dilakukan sehingga tercapai keadaan dimana harga=biaya marjinal.
  • Dengan cara ini produksi berbagai macam barang dalam perekonomian akan memaksimumkan kesejahteraan masyarakat.
  • pasar persaingan sempurna juga mencapai efisiensi alokatif.
  • Dalam pasar persaingan sempurna, harga = hasil penjualan marginal (MR). Dan dilalam memaksimalkan keuntungan, syaratnya adalah hasil penjualan marginal (MR) = Biaya Marginal (MC). Dengan demikian didalam jangka panjang, keadaan ini berlaku P = MR = MC.

Kesamaan tersebut membuktikan bahwa pasar persaingan sempurna juga mencapai efisiensi alokatif.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s